Artikel ini bertujuan untuk memberikan solusi yang mudah bagi guru dalam pembelajaran menulis puisi. Terdapat banyak argumen yang menyatakan bahwa menulis adalah salah satu keterampilan yang sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menguasainya. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah systematics literature review, yaitu mengumpulkan berbagai literature baik yang bersumber dari jurnal ilmiah, buku, maupun lainnya. Data-data yang dikumpulkan berisi informasi terkait hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik akrostik pada siswa di sekolah dasar. Teknik akrostik merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan bagi penulis atau penyair pemula untuk menciptakan, menikmati, dan mengapresiasi puisi-puisi lainnya. Berdasarkan tujuh literature yang telah dianalisis, diperoleh hasil bahwa penggunaan teknik akrostik dalam menulis puisi memberikan pengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi peserta didik.
Copyrights © 2023