Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 4 No. 1 (2023): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Pembuatan Toko Online Dalam Rangka Transformasi Digital UMKM

Apriani Simatupang (Universitas Pelita Harapan)
Radityo Fajar Arianto (Universitas Pelita Harapan)
Moses L.P Hutabarat (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
03 May 2023

Abstract

Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia adalah sekitar 64 juta UMKM. Sebagian besar UMKM adalah usaha mikro. Dari 64 juta UMKM ini yang sudah melakukan transformasi digital pada tahun 2022 adalah sekitar 17 juta UMKM atau sekitar 26%. Pada tahun 2024 pemerintah memiliki target untuk melakukan transformasi digital UMKM sebesar 74% dari keseluruhan UMKM yang ada di Indonesia. Ini merupakan tantangan yang tidak mudah dan membutuhkan kolaborasi dari para startups, Non-Govermental Organization dan juga akademisi untuk bersama-sama membantu program digitalisasi. Terbukti bahwa proses digitalisasi bisnis dapat membantu banyak perusahan menghadapi dampak negative akibat Covid-19 termasuk UMKM. Oleh karena itu Universitas Pelita Harapan Fakultas Ekonomi dan Bisnis perlu bekerja sama dengan startups yaitu InaMikro dan NGO yaitu Sahabat Lestari melakukan program Transformasi Digital UMKM di kota Demak. Program ini dilaksanakan dengan pendampingan UMKM yakni membantu UMKM untuk membuat toko online mereka yang pertama dan akhirnya penerapan toko online dapat meningkatkan jumlah penjualan UMKM dan peningkatan pendapatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...