Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas public speaking anak-anak dalam menyampaikan hal atau sesuatu di muka umum. Situasi pada survei pendahuluan menunjukkan anak-anak pada sekolah Madrasah Aliyah mitra masih kurang memahami kecakapan public speaking, belum adanya pelatihan yang diterima siswa untuk meningkatkan wawasan dan kecakapannya. Siswa malu-malu dalam menyampaikan gagasan. Solusi yang diajukan untuk mengatasi permasalahan mitra yaitu dengan metoda pelatihan dan pembimbingan digunakan untuk mencapai sasaran praktik public speaking siswa. Untuk mengukur keberhasilan pengabdian ini, metode pengumpulan data, metode analisis data, dengan menggunakan pretest dan posttest digunakan untuk mengukur level perubahan kemampuan anak untuk menggunakan kecakapan public speaking. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan motivasi pada peserta dengan cara mendemonstrasikan perkembangan pemahamannya saat akhir pendampingan dan pelatihan. Public speaking ini sendiri tampak memiliki pengaruh dan juga dampak yang baik untuk perkembangan berbahasa anak. Dengan mempelajari public speaking dan gali potensi diri yang diuraikan dalam pengabdian ini, terlihat respon post-test yang positif dan meningkatkan percaya diri pada peserta.
Copyrights © 2024