Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Group Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Salim, Salim (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dengan Cooperative Learning Model Team Group Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada pembelajaran ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil belajar siswa pada kegiatan prasiklus diperoleh rata-rata 70%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 75% dimana ada peningkatan 5% dari kegiatan prasiklus, dan pada siklus V diperoleh nilai rata- rata 85%. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas v SDN 019 Rambah Hilir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran cooperative learning model team group tournament (TGT) dalam meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SDN 019 Rambah Hilir Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...