Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas V pada materi pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Penyebut Berbeda dengan menggunakan metode Kooperatif tipe Make A Match, Subject penelitian ini adalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Besar dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 orang siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian dilakukan selama 2 siklus, yang dilaksanakan masa pandemi Covid 19, data yang dikumpulkan dalam Penelitian ini adalah data kualitatif. berupa hasil Observasi dan Refleksi pada setiap siklus pembelajaran melalui Simulasi Pebaikan Pembelajaran dengan menggunakan Vidio Pembelajaran yang dilaksanakan guru tanpa Siswa . Pada Siklus I telah adanya perubahan peningkatan Aktivitas dan kreativitas guru dalam proses perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match , dimana setelah Guru menjelaskan materi pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Penyebut Berbeda guru menampilkan pembagian kartu soal dan kartu jawaban , dan Pada Siklus II adanya peningkatan aktivitas dan kreativitas Guru berupa Penekanan dan Penguasaan guru dalam penyampaian materi pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Penyebut Berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Koopertaif Tipe Make A Match dengan materi pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Penyebut Berbeda dapat meningkatkan Aktiviitas dan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021.
Copyrights © 2024