Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 004 Batu Sanggan

Irnani, Irnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan awal pra siklus yang peneliti lakukan dikatahui bahwa hanya 50% atau 6 orang dari jumlah 12 orang siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, sedangkan 50% atau 6 orang dari 12 orang siswa dinyatakan tidak tuntas atau memperoleh nilai masih di bawah KKM. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada Siswa Kelas V SDN 011 Batu Sanggan. Perangkat pembelajaran terdiri dari RPP, lembar kerja siswa dan lembar pengamatan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdapat 3 pertemuan. Setiap Siklus terdapat tindakan persiapan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus I, diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 8 orang siswa (66,67%) dari 12 orang siswa. Artinya terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa dari skor dasar. Siklus II, jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 11 orang (91,67%) dari 12 orang siswa, peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai (16,67%) dan pada siklus ke II lebih meningkat hingga mencapai (41,67%). Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan metode demonstrasi berhasil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...