Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri 005 Rokan Iv Koto Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Matematika

Widiasari, Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 005 Rokan IV Koto menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran matematika.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkahnya terdiri dari, perencanaan, tindakan, refleksi, dan observasi. Subyek PTK ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 005 Rokan IV Koto dengan jumlah 10 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melaluites, observasi, dan dokumentasi. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan ,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika menggunakan model kooperatif tipe Number Head Together pada siswa kelas IV SD Negeri 005 Rokan IV Koto . Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pada siklus I ada 3 siswa atau 30% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥76, sedangkan hasil tes pada siklus II ada 8 siswa atau 80% dari seluruh siswa yang mendapatkan nilai ≥76. Hal ini berarti mengalami peningkatan persentase siswa yang mendapat nilai ≥76 dari siklus I ke siklus II sebanyak 38.48%. Nilai rata-rata hasil tes dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 9.6 yaitu dari 67.76 menjadi 77.36. Demikian juga dalam proses pembelajarannya hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat dari 53.75% pada siklus I meningkat menjadi 78.75% pada siklus II dengan kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...