Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Media Gambar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 005 Rokan IV Koto ? Tujuan penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penggunaan media gambar di Kelas IV di SD Negeri 005 Rokan IV Koto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 005 Rokan IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 6 orang dan terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS. Pada siklus I, perolehan ketuntasan belajar klasikal sebesar 33,33% meningkat pada siklus II menjadi 83,33% dengan besar peningkatan 50%. Sedang untuk daya serap klasikal pada siklus I sebesar 76,5% meningkat pada siklus II 82,83% dengan besar peningkatan 6,33%. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan yang mengalami peningkatan setiap pelaksanaan siklus, maka dapat simpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 005 Rokan IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.
Copyrights © 2024