Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Peningkatan Keterampilan Menulis Pengumuman Melalui Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Surat Kabar Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 011 Sungai Kubu

Razimah, Razimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Permasalahan ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis pengumuman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 011 Sungai Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan model Numbered Heads Together dengan berbantuan media surat kabar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengumuman melalui model Numbered Heads Together dengan berbantuan media surat kabar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanalan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan bulan Juli hingga Agustus 2023. Subjek penelitian ini siswa kelas VI yang berjumlah 24, dengan jumlah laki-laki 11 orang, dan perempuan berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis pengumuman model Numbered Heads Together dengan berbantuan media surat kabar kelas VI SDN 011 Sungai Kubu pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 76,45. Selanjutnya dari 24 orang siswa hanya 14 orang siswa yang tuntas sedangkan ketuntasan belajar klasikal 58,3%. Pada siklus II sangat baik dengan rata-rata 87,70, dan dari 24 orang siswa terdapat 21 orang yang tuntas sedangkan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Together dengan berbantuan media surat kabar dapat meningkatkan keterampilan menulis pengumuman kelas VI SDN 011 Sungai Kubu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...