Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Pendidikan Karakter Dalam Pengajaran Fisika Di Indonesia (library research)

Maryam, Eka (Unknown)
Romadon, Romadon (Unknown)
Yani, Nurul Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk analisis review isi artikel tentang pendidikan karakter dalam pengajaran fisika di indonesia. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah studi pustaka, dengan cara mengumpulkan data-data yang relevan dari jurnal dan tanpa harus melakukan tinjauan ke lapangan. Pencarian artikel dilakukan dengan menggunakan aplikasi publish or perish yang ditautkan langsung ke pencarian Google Cendekia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kajian pustaka yang ada, dari hasil data penelitian menuinjukkan adanya peningkatan sebesar 87,5% bada bidang kompetensi kognitif stelah dilakaukan pembelajaran fisika berbasis karakter. Temuan lain menunjukkan bahwa kearifan lokal berbasis karakter dalam pembelajaran fisika dapat menjadikan siswa kratif, mandiri dan juga cinta tanah air. Selain itu dengan menerapkan nilai-nilai agama dalam pembentukan karakter siswa melalui pengajaran fisika maka akan semakin menjadikan siswa yang agamis dan saintis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...