Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang rendah, setelah dilakukan tindangan dengan model Discovery Learning terjadi peningkatan motivasi belajar. Peningkatan hasil belajar dilihat oleh rata –rata hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 65,7 dan meningkat pada siklus I 77,7 terjadi selisih peningkatan dari nilai ulangan sebelum sebesar 12 %. Siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 85,8%, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,1%. peningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan sebesar 20,1%. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 68,52% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 85,93% dengan kategori amat baik terjadi peningkatan dari aktivitas guru sebelumnya dengan selisih 25,40% . Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,06% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjdai 89,06% dengan kategori sangat baik, terjadi peningkatan dari aktivitas siswa sebelumnya dengan selisih sebesar 39,02%.
Copyrights © 2024