Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi bahwa keterampilan konstruksi peserta didik masih rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan konstruksi peserta didik kelas VI SD Negeri 18 Payakumbuh. Hal ini terlihat dari peningkatan kualitas dan nilai keterampilan konstruksi yang dihasilkan peserta didik pada setiap pertemuan dalam masing-masing siklus. Peningkatan keterampilan konstruksi peserta didik berimbas pada peningkatan nilai proses dan nilai hasil karya keterampilan konstruksi. Penilaian pembelajaran keterampilan konstruksi dengan pendekatan kostruktivisme pada peserta didik kelas VI SD Negeri 18 Payakumbuh adalah penilaian proses dan hasil karya peserta didik. Penilaian proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan penilaian hasil karya peserta didik dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Penilaian proses dan hasil karya peserta didik meningkat secara bertahap dari siklus I hingga siklus II, dengan rata-rata nilai siswa siklus I adalah 61, 92 dan rata-rata nilai siswa siklus II adalah 88, 07.
Copyrights © 2024