Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 2 (2024)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Melalui Model Problem Bassed Learning (PBL) Di SDN 023 Rokan IV Koto

Roza, Selvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Setelah menerapkan model PBL hasil penelitian menunjukkan peningkatan setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 50% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Poblem Bassed Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SDN 023 Rokan IV Koto.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...