Belajar lebih dari sekedar proses kognitif dan bahwa emosi memainkan peran yang sangat penting. Oleh karena itu, kebutuhan akan kesadaran untuk terus mendidik masyarakat terutama generasi muda tentang isu-isu lingkungan dan mempromosikan tindakan untuk meminimalkan kerusakan pada lingkungan sangat penting. Penelitian ini mengimplementasikan edukasi pengelolaan sampah dengan metode ecobrick pada peserta didik di SDN Bojongrangkas 03, sebuah sekolah dasar di Desa Bojongrangkas yang memiliki permasalahan lingkungan yang serius akibat sampah plastik. Metode ecobrick adalah mengubah sampah plastik menjadi bata yang dapat digunakan untuk membuat produk-produk yang bermanfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program edukasi ini meningkatkan kesadaran dan keterampilan anak-anak dalam isu-isu lingkungan, seperti yang terlihat dari ekspresi, pemahaman, dan karya mereka dari sampah dengan metode ecobrick, serta menghasilkan produk berupa kursi yang dapat mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024