JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro)
Vol 9, No 1 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Website Tinkercad Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik

Chusnul Khotimah (Universitas PGRI Madiun)
Sulistyaning Kartikawati (Universitas PGRI Madiun)
Denny Hardiyanto (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat tentunya bermanfaat untuk keberhasilan pembelajaran, hal ini tentunya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa denganbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran website Tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik, dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan one shot case study design. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 2 Pendidikan Teknik Elektro dengan jumlah sampel 14 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa praktik dengan acuan jobsheet dan penilaian psikomotorik yang dilakukan saat mahasiswa melakukan praktik, kemudian analisis data menggunakan paired sample t-test dengan bantuan SPSS. Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh media pembelajaran website Tinkercad untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik mahasiswa dengan thitung -11,181 dan ttabel 2,160 dan signifikasi 0,000 (signifikansi <0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Focus and scope of the journal: Electronic Engineering Education Media Development and Learning Models of Electronic Engineering Education Evaluation and Assessment of Electronic Engineering Education Electronic Engineering Electromagnetic Field Robotic ...