Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre-experimental Design, dengan desain eksperimen yang digunakan One-Group Pre-test & Post-test. Penelitian ini bentuk pelatihan dengan menerapkan model pembelajaran langsung pada pembuatan permen jelly mint dan untuk mengetahui; 1) Aktivitas instruktur dalam menerapkan model pembelajaran langsung, 2) Aktivitas peserta pelatihan dalam penerapan model pembelajaran langsung, 3) Hasil belajar kognitif dan psikomotor dalam penerapan model pembelajaran langsung, 4) Respon peserta pelatihan terhadap penerapan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian dapat diketahui pada aktivitas instruktur memperoleh persentase skor pendahuluan 100%, kegiatan inti 100% dan penutup 75%, aktivitas instruktur termasuk kategori sangat baik. Aktivitas peserta pelatihan memperoleh persentase skor pada pendahuluan 85%, kegiatan inti 100% dan penutup 75%, aktivitas peserta pelatihan termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar pada pre-test terdapat 5 peserta pelatihan memperoleh nilai >70 dengan persentase 7% dan untuk pre-test terdapat 30 peserta pelatihan memperoleh nilai >70 dengan persentase 100%. Perolehan nilai pada pre-test ke post-test mengalami kenaikan 83%, dari 7% menjadi 100%. Hasil psikomotor mencapai nilai tertinggi 90 dan terendah 80 akan tetapi nilai ini sudah >70 yang termasuk dalam persentase 100% dalam kategori sangat baik, untuk respon peserta pelatihan terhadap model pembelajaran langsung memperoleh persentase skor 98% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung meningkatkan hasil belajar dan berdampaik aik untuk pelatihan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024