Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 6 (2024): April

Pemberdayaan Literasi Digital : Memperkaya Konten Situs Web untuk Pendidikan Bagi Pengelola Situs Web Sekolah Dasar di Kota Semarang

Yohanes Suhari (Universitas Stikubank, Indonesia)
Teguh Khristianto (Universitas Stikubank, Indonesia)
Arief Jananto (Universitas Stikubank, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Di ranah pendidikan, internet memainkan peran penting sebagai alat untuk menghubungkan sekolah dengan berbagai pihak (termasuk siswa, orang tua, masyarakat, dan pemerintah). Umumnya, situs web sekolah dasar sering mengalami tantangan, seperti kurangnya informasi, tata letak yang tidak teratur, konten yang kurang memadai, manajemen situs yang tidak efisien, kurangnya pembaruan informasi, dan keterbatasan fasilitas layanan web. Salah satu permasalahan utama terkait penggunaan web yang tidak optimal adalah kekurangan SDM yang memiliki keterampilan dalam mengelola dan mengembangkan situs web. Oleh karena itu, salah satu solusi yang diajukan adalah mengadakan pelatihan dalam mengelola konten situs web. Pelatihan diikuti oleh 320 sekolah dasar di Kota Semarang, yang berlangsung secara daring selama 2 hari berturut-turut. Setelah menyelesaikan pelatihan, dilanjutkan tahap pendampingan dan konsultasi dalam pengembangan konten situs web. Hasil pelatihan ini adalah peningkatan literasi digital dan keterampilan peserta dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas situs web mereka. Ada perbaikan yang signifikan dalam situs web Sekolah Dasar setelah peserta mengikuti pelatihan, terutama dalam hal konten yang disajikan. Perbaikan yang terus-menerus pada situs web akan membantu meningkatkan reputasi sekolah dan menyediakan informasi yang lebih baik kepada semua pemangku kepentingan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...