Rubons Sinjai merupakan salah satu usaha mikro, kecil dan menengah yang memproduksi abon ikan yang banyak diminati konsumen karena rasanya yang unik, namun produksi abon ikan masih sedikit sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan seluruh konsumen, dan pengaruh dari kegiatan promosi kurang baik, harga yang ditawarkan kepada konsumen relatif mahal, dan pelayanan yang diberikan kurang memuaskan, sehingga melihat masalah tersebut, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang akan dikembangkan dalam rangka pengembangan usaha abon ikan melalui pendekatan marketing mix. Hasil dari pengabdian masyarakat menunjukkan strategi pengembangan usaha abon ikan melalui pendekatan marketing mix adalah memberikan pengetahuan kepada UMKM Rubons Sinjai tentang analisa peluang usaha yang disebut SWOT (Strenght, weakness, opportunity, threat), yaitu membuat dan mempertahankan kualitas produk dengan harga yang mampu bersaing, membuat desain kemasan produk yang menarik dengan harga yang terjangkau, membuatĀ produk yang bisa lebih dan tahan lama (paling lama 3 bulan), memperluas daerah pemasaran yang strategis dengan menciptakan pengembangan produk yang menguntungkan.
Copyrights © 2024