Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 2 (2024): April

Strategi Pemasaran Produk Abon Ikan Tuna Rubons Sinjai

Kasim, Andi Irwan (Unknown)
Gaffar, Abd. (Unknown)
S, Herniah (Unknown)
Hutagaol, Benget (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2024

Abstract

Rubons Sinjai merupakan salah satu usaha mikro, kecil dan menengah yang memproduksi abon ikan yang banyak diminati konsumen karena rasanya yang unik, namun produksi abon ikan masih sedikit sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan seluruh konsumen, dan pengaruh dari kegiatan promosi kurang baik, harga yang ditawarkan kepada konsumen relatif mahal, dan pelayanan yang diberikan kurang memuaskan, sehingga melihat masalah tersebut, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang akan dikembangkan dalam rangka pengembangan usaha abon ikan melalui pendekatan marketing mix. Hasil dari pengabdian masyarakat menunjukkan strategi pengembangan usaha abon ikan melalui pendekatan marketing mix adalah memberikan pengetahuan kepada UMKM Rubons Sinjai tentang analisa peluang usaha yang disebut SWOT (Strenght, weakness, opportunity, threat), yaitu membuat dan mempertahankan kualitas produk dengan harga yang mampu bersaing, membuat desain kemasan produk yang menarik dengan harga yang terjangkau, membuatĀ  produk yang bisa lebih dan tahan lama (paling lama 3 bulan), memperluas daerah pemasaran yang strategis dengan menciptakan pengembangan produk yang menguntungkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...