Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 2 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisa Celebrity Worship Terhadap Motivasi Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Merchandise Boys Love Thailand GMMTV

Marcella, Viona (Unknown)
Alvita, Meilisa (Unknown)
Nanga, Muana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Pada tahun 2020, selama pandemi COVID-19, peningkatan rasa ingin tahu terhadap hiburan baru menjadi tren utama untuk mengisi waktu luang. Fenomena ini termanifestasi dalam popularitas Boy's Love, genre fiksi yang mengeksplorasi hubungan romantis antara dua pria homoromantis. Penelitian ini menganalisis dampak motivasi konsumen dan pembelian kompulsif terhadap akuisisi merchandise Boy's Love Thailand dari GMMTV. Melalui purposive sampling dengan 152 responden dari komunitas penggemar, analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS 4 menunjukkan bahwa Celebrity Worship secara signifikan memengaruhi Pembelian Kompulsif (P-Value 0.000, T-Statistik 5.028), serta memiliki hubungan positif dengan Motivasi Konsumen (P-Value 0.000, T-Statistik 10.397). Motivasi Konsumen juga signifikan dalam memengaruhi Pembelian Kompulsif (P-Value 0.002, T-Statistik 3.038), dan penelitian mengkonfirmasi peran intervening Motivasi Konsumen (Ha 4). Dengan demikian, penelitian ini menyoroti peran kunci Celebrity Worship dan Motivasi Konsumen dalam merangsang perilaku pembelian kompulsif di kalangan penggemar Boy's Love GMMTV .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...