Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Peningkatan Maharatul Qira’ah Melalui Penerapan Metode Talking Stick Siswa Kelas X MA Hubbul Wathan Konawe†Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan Maharatul Qira’ah (keterampilan membaca) pada Bidang Studi Bahasa Arab siswa Kelas XMA Hubbul Wathan Konawe.Untukmenerapkan metode tersebut, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus tindakan maka dapat disimpulkan bahwamelalui metode pembelajaran Talking Stick pada siswa dikelas XMA Hubbul Wathan Konawe Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan MaharatulQira’ah. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil observasi peserta didiksebelum tindakan dan setelah tindakan melalui 2 siklus. Dengan demikian, maka telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu untuk observasi aktivitas keaktifan siswa pada siklus I adalah 73,68% atau ada 23 peserta didik dari 24 peserta didik sudah tuntas belajar dan siklus II 94,74%, jadi peningkatan sebanyak 21,06 %. Atauada 23 pesertadidikdari 24 pesertadidiksudahtuntasbelajar.Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II mengalamipeningkatan lebih baik dari siklus I pada peserta didik kelas XMA Hubbul Wathan Konawe padaTahunPelajaran 2017/2018. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pendidik MA Hubbul Wathan Konawe dan lembaga pendidikan lainnya dalam mengelola pembelajaran. Kepada rekan guru diharapkan menjadi pedoman dalam menerapkan strategi dan metode pembelajaran untuk meningkatkanMaharatulQira’ahdan aktivitas belajar peserta didik. Kepada peneliti diharapkan menjadi referensi dalam penelitian selanjutnya. Sedang tujuan dari penelitian ini adalah kepada peserta didik agar dapat aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan dan Islami dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2021