Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan prinsip metode pembelajaran Al-Quran menggunakan metode tilawati, Penelitian ini adalah bersifat deskriptif analisis dengan penelitian di TPA, subjek penelitian dari anak -anak di bawah paud sampai anak madrasah. Adapun metode penelitian yang digunakan untuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi, dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penerapan pembelajaran alquran dengan menggunakan metode Tilawati di TPA telah berjalan dengan baik sesuai pedoman pembelajaran metode Tilawati. Hasil pembelajaran mengutamakan pada peningkatan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an. Dengan tahapan yaitu target pembelajaran, proses pembelajaran, materi, dan evaluasi pembelajaran, hasil dari pembelajaran Al-Quran dengan metode Tilawati di TPA dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tilawati ini dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca Al-Qur’an para anak, hal tersebut tampak dari hasil penilaian atau munaqosyah yang telah dilaksanakan. Selain ini pelajaran dengan metode Tilawati ini juga berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri para anak, faktor pendukung dalam keberhasilan penerapan metode Tilawati di TPA di antaranya adalah sarana dan prasarana yang memadai, jalinan komunikasi yang baik antara lembaga dan orang tua, kerja sama yang baik antara guru, input anak yang sudah memiliki latar belakang baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat di Antaranya adalah cuaca, perekrutan guru Tilawati, dan kemampuan anak yang berbeda-beda Kata Kunci : Implementasi, Prinsip, Tilawati
Copyrights © 2022