Kemiskinan menjadi salah satu permasalahan sosial di Indonesia yang kehadirannya menjadi perhatian banyak pihak. Berbagai upaya dalam menangani permasalahan kemiskinan telah diupayakan, salah satunya dengan program bantuan oleh swasta yang berupa tanggung jawab sosial perusahaan atau juga dikenal dengan CSR. Kehadiran program CSR juga menggandeng keberadaan masyarakat sekitar sebagai salah salah satu cara untuk mencapai target. Program CSR oleh PT. Sarihusada menggunakan tiga poin utama bisnis yang diselaraskan lima pilar program sehingga hasil kegiatan dapat tetap sesuai dengan tujuan perusahaan dan target CSR. Didukung oleh banyaknya persoalan sosial lain di samping masalah ekonomi, program CSR Koperasi Amal Srikandi menjadi upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga dapat menjadi lebih berdaya dan mampu mengatasi masalah lanjutan secara mandiri. Untuk itu, segala bentuk aktivitas yang dilaksanakan sangat menekankan pada partisipasi aktif masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan wawancara yang dilakukan dengan masyarakat terkait. Diketahui bahwa program CSR yang dilakukan oleh PT. Sarihusada di Kampung Badran mempertimbangkan keterlibatan masyarakat melalui program Koperasi Amal Srikandi. Melalui koperasi ini, jalannya program lain seperti posyandu dan PAUD sangat terdorong sehingga kedua program tersebut mampu dilaksanakan dengan baik.
Copyrights © 2023