Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku Bullying Pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu ingin mendeskripsikan dan mendapatkan gambaran terkait faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying dikalangan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kotamobagu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 faktor penyebab terjadinya bullying di SMP Negeri 4 Kotamobagu yaitu faktor keluarga, faktor teman sebaya, faktor tayangan televisi dan media sosial. Peran orang tua dan guru sangat diharapkan dalam mencegah terjadinya perilaku bullying di sekolah.
Copyrights © 2023