Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas X di SMAN 6 Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai empat tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMAN 6 Jeneponto yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi tindakan pra siklus, siklus I, siklus II. Data penelitian ini adalah proses aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Deskriptif kuantitatif merupakan analisis hasil tes siswa sedangkan deskriptif kualitatif merupakan analisis hasil aktivitas siswa. Hasil penelitian keterampilan berbicara dari siklus I ke siklus II meningkat, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 11 siswa dengan persentase 34%, siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 21 siswa dengan persentase 66 %, sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan ada 26 siswa dengan persentase 81% dan yang belum mencapai ketuntasan ada 6 siswa dengan persentase 19%. Disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dengan model auditory intelektual repetition (AIR) pada siswa kelas X SMAN 6 Jeneponto dinyatakan berhasil.
Copyrights © 2024