Siswa ketika belajar tentang konsep volume dari materi bangun ruang mengalami kesulitan membayangkan bangun ruang tersebut. Pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dengan berbasis teknologi web dapat memfasilitasi pembelajaran bangun ruang sisi datar lebih luas dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis website yang valid, praktis dan efektif, terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas VIII A SMP Islam Kepanjen. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Hasil validasi penelitian pengembangan ini mendapatkan penilaian dari ahli media 3,50, ahli materi 3,53 dan ahli pembelajaran 3,66 dengan kategori “valid “. Hasil validasi kepraktisan media pembelajaran pada lapangan terbatas dengan rata-rata 3,69 dan ujicoba lapangan luas rata-rata 3,69 termasuk dalam kategori “praktis”. Hasil media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian angket uji coba lapangan terbatas berdasarkan keefektifan diperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 80% dan ujicoba lapangan luas diperoleh 81 % termasuk dalam kategori “efektif ”.
Copyrights © 2024