Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penelitian pendidikan agama Islam serta mengkaji dan menganalisis hasil penelitian ini dengan menggunakan pendekatan administrasi dan organisasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, makalah seminar dan publikasi terkait. Paradigma analisis data penelitian ini meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, dan inferensi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, penerapan pengelolaan PAI yang baik membuahkan hasil yang berkualitas dan meningkatkan mutu pendidikan. Kedua, agar kegiatan pengelolaan dapat terlaksana secara optimal maka harus dilakukan penilaian pada setiap akhir kegiatan. Ketiga, pengelolaan SDM PAI melalui perencanaan rekrutmen, pelatihan, seminar, workshop, kursus, diskusi kelompok kecil, studi banding dan sejenisnya, serta evaluasi kinerja melalui pengawasan pengawasan secara berkala. Kesimpulan dari penelitian ini adalah organisasi khususnya pendidikan agama Islam harus mempunyai berbagai metode manajemen yang baik untuk mencapai tujuannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023