Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar dan efektivitas media video. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi 9 langkah, yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk; 4) uji coba awal; 5) merevisi hasil uji coba terbatas; 6) uji coba lapangan; 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; 8) uji coba lapangan operasional; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas V SDN 1 Paya Dapur. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Soal pretest-posttest digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Kelayakan media dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 5 dan efektivitas dianalisis dengan gain score dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siswa dari penerapan media video hasil pengembangan dengan skor rata-rata pada pertemuan I 71,2, pada petermuan II 76,7. Peretemuan III 83, 1 dan pada pertemua IV 89,6. Media video hasil pengembangan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan nilai signifikansi kemampuan literasi sains sebesar 0,000.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022