Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Pengembangan Media Video Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Mahlianurrahman, Mahlianurrahman (Unknown)
Aprilia, Rapita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa sekolah dasar dan efektivitas media video. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi 9 langkah, yaitu 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk; 4) uji coba awal; 5) merevisi hasil uji coba terbatas; 6) uji coba lapangan; 7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; 8) uji coba lapangan operasional; dan 9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas V SDN 1 Paya Dapur. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Soal pretest-posttest digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Kelayakan media dianalisis dengan konversi skor menggunakan skala 5 dan efektivitas dianalisis dengan gain score dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains siswa dari penerapan media video hasil pengembangan dengan skor rata-rata pada pertemuan I 71,2, pada petermuan II 76,7. Peretemuan III 83, 1 dan pada pertemua IV 89,6. Media video hasil pengembangan efektif diterapkan dalam pembelajaran dengan nilai signifikansi kemampuan literasi sains sebesar 0,000.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...