Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2022): Ta'lim : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

Peran Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak Keluarga Konversi Agama Di Kupang

Tamrin, Muhammad (Unknown)
Idris, Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keislaman Pada Anak Keluarga Konversi Agama di Kota Kupang; 2) Pelaksanaan pembimbingan dan pendampingan pada anak keluarga konversi Agama. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitan lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif model Milles dan Huberman. Dari hasil penelitian kasus Konversi Agama di Kota Kupang banyak didominasi oleh perkawinan, Sementara Pemahaman keagamaan dan Keislaman yang dimiliki baik dari pihak istri ataupun suami sangat minim. Rendahnya pemahaman keislaman orang tua menyebabkan banyak diantara anak-anak keluarga konversi agama mengalami degradasi moral bahkan murtad kembali mengikuti agama asal salah satu orang tua mereka. Dalam hal ini guru pendidikan agama islam berperan dalam pendampingan dan bimbingan untuk mempertahankan akidah dan nilai-nila keislaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Talim merupakan Media Publikasi yang mempublikasikan artikel ilmiah dan hasil penelitian lapangan di bidang Pendidikan Islam yang menerapkan sistem peer review. Secara spesifik ruang lingkup jurnal ini adalah Filsafat Pendidikan Islam, Modernisasi pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, ...