JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Pendidikan Enterpreneurship Dalam Mengembangkan Ekonomi Pondok Pesantren Ushuluddin Ngadirejo Salaman

Fauzi*, Rachmad (Unknown)
Nursikin, Mukh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Kajian ini tujuannya untuk mengetahui latar belakang pondok pesantren dan pendidikan enterprenurship untuk mengembangkan perekonomian pondok pesantren ushuluddin. Dalam dunia pondok pesantren ada banyak hal yang bisa digali dari keilmuan agama maupun keilmuan umum. Kajian ini berusaha untuk memberikan sumbangsih di bidang pendidikan dengan mengkaji pendidikan enterprenurship dipondok pesantren. Pendidikan enterpreneurship diharapkan memberikan dampak positif bagi pondok pesanantren dari segi ekonomi dan masyarakat yang ada disekitar. Harapannya, kajian ini mampu memberikan nilai plus santri yang sedang memperdalam agama serta juga mempunyai soft skill yang dimiliki untuk keberlangsungan hidup baik pondok pesantren maupun diri sendiri sehingga menciptakan enterprenurship yang sehat dan amanah. Kajian ini merupakan kajian lapangan jenisnya yaitu kualitatif dengan pendekatan sejarah. Sumber kajian ini yaitu wawancara pengasuh pondok pesantren dan santri yang bergelut di bidang enterpreneurship serta pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa perubahan pondok pesantren yang tadinya hanya ada pendidikan agam sekarang berkembang dan ada pendidikan enterprenurship tujuan untuk mengembangkan perekonomian pondok pesantren ushuluddin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...