. Penggunaan media kancing gemerincing dapat mempengaruhi dan    motivasi siswa mempelajari materi hidup rukun saling berbagai dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teori-teori baru tentang penerapan media kancing gemerincing  dalam mempelajari hidup  rukun saling berbagi dan   untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas  II SD Negeri 7 Teupah  Selatan  Kebupaten  Simeulue.  Tahun   Subjek penelitian adalah Siswa  kelas  II SD Negeri 7 Teupah  Selatan  Kebupaten  Simeulue    berjumlah 28 orang siswa, 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian di mulai dari plan, action, observation, refleksi. Hasil penelitian ini melalui media kancing gemerincing mampu mempengaruhi siswa dalam  meningkatkan nilai belajar siswa. Pelaksanaan penelitian  tindakan kelas   menjadikan suatu perbaikan dan perubahan dalam proses pembelajaran.   Menggunakan media kancing gemerincing mampu meningkatkan minat belajar siswa  proses pembelajaran menjadi lebih baik dan siswa menjadi lebih aktif   meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima materi yang disajikan oleh guru di kelas. Siklus I rata-rata nilai afektif C, kognitif 6,7 psikomotor 6,8 dan persen ketuntasan belajar 31,57% dan pertemuan ke 2  hasil  rata-rata nilai afektif C, nilai kognatif 6,9, nilai psikomotor 7,1 dan nilai ketuntasan belajar mencapai 47,36%.Siklus II  nilai rata pada aspek afektif B, aspek kognitif 7,2, aspek psikomotor 7,3 dan nilai ketuntasan belajar mencapai 63,15% dan nilai rata-rata aspek afektif B, aspek kognitif 7,5 aspek psikomotor 7,7 dan nilai ketuntasan belajar secara klasikal mencapai  84, 21.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022