JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Problematika Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Ma'had Bahasa UIN SGD Bandung

Rustandi*, Encep (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pembelajaran bahasa Arab sudah lama berlangsung, inovasi dikembangkankan, namun belum menunjukkan perkembangan signifikan jika dibandingkan pembelajaran bahasa asing lainnya. Secara umum, tujuan penelitian  untuk mengetahui problem implementasi pembelajaran bahasa Arab program al-Ma’had al-Lughawy PBA UIN Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus terpancang. Sumber data yaitu Informan. pengajar, dosen, pengurus, dan mahasiswa, proses pembelajan, dokumen dan arsip. Analisis  dilakukan dengan  triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan lingkungan bedampak pada pembiasaan praktik komunikasi. Adapun Kendala pembelajaran adalah materi, metode, media, lingkungan social, sistem,  minimnya praktik,  sarana, kebersihan, adapun kendala linguistik seperti interferensi dan non linguistik motivasi dan percayadiri. Rekomendasi  penelitian lanjutan terkait interaksi mahasiswa, pemerolehan bahasa kedua, problem intereferensi, dan komponen pembelajaran secara khusus dalam kontek lingkungan bahasa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...