Penelitian ini didasari oleh pembelajaran bahasa Arab sudah lama berlangsung, inovasi dikembangkankan, namun belum menunjukkan perkembangan signifikan jika dibandingkan pembelajaran bahasa asing lainnya. Secara umum, tujuan penelitian untuk mengetahui problem implementasi pembelajaran bahasa Arab program al-Ma’had al-Lughawy PBA UIN Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus terpancang. Sumber data yaitu Informan. pengajar, dosen, pengurus, dan mahasiswa, proses pembelajan, dokumen dan arsip. Analisis dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan lingkungan bedampak pada pembiasaan praktik komunikasi. Adapun Kendala pembelajaran adalah materi, metode, media, lingkungan social, sistem, minimnya praktik, sarana, kebersihan, adapun kendala linguistik seperti interferensi dan non linguistik motivasi dan percayadiri. Rekomendasi penelitian lanjutan terkait interaksi mahasiswa, pemerolehan bahasa kedua, problem intereferensi, dan komponen pembelajaran secara khusus dalam kontek lingkungan bahasa.
Copyrights © 2023