JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Peran Takmir Masjid Suciati Dalam Menguatkan Karakter Remaja Masjid Melalui Pendidikan Agama Islam

Assyifa Putri*, Salsabila (Unknown)
Nursikin, Mukh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran takmir masjid dalam menguatkan karakter remaja melalui pendidikan islam. Dunia Pendidikan islam memang banyak yang perlu pengkajian ulang untuk diaplikasikan ke dalam lingkungan masyrakat khusunya pada penguatan karakter. Kajian ini seoptimal mungkin di bidang pendidikn dengan mengkaji peran takmir masjid untuk menguatkan karakter remaja masjid. Penguatan karakter ini diharapkan memberikan dampak positif bagi remaja masjid yang mempunyai karakter kuat lewat pendidikan agama islam dan juga dari masyarakat sekitar masjid. Harapannya, kajian ini memberikan nilai plus dalam pendidikan agama islam sehingga bisa berbagi ilmu dengan masyarakat. Kajian ini menggunakan penelitia kualitatif karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi yang alamiah dengan peneliti sebaagai instrument kunci dan pengumpulan datanya dilakukan secara triangulasi (gabungan). Analisis datanya lebih bersifat induktif dan hasil penelitiannya lebih menekankan makna daripada generaisasi yang bersifat penelitian lapangan. Hasil dari kajian ini yaitu peran takmir masjid melalui DKM(dewan kemakmuran masjid) dalam menguatkan karakter remaja masjid melalui kajian ssetiap minggu dengan materi fiqih, tauhid, sholawat agar remja masjid mempunyai karakter yang berlandaskan agama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...