Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VI SDN 4 Makale Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara langsung pada lokasi penelitian yaitu SDN 4 Makale Utara. Populasi sebanyak 40 siswa dari dua kelas yakni kelas VIa berjumlah 20 siswa dan VIb berjumlah 20 siswa dengan jumlah sampel adalah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemudian diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VI SDN 4 Makale Utara. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil uji hipotesis dimana nilai t hitung 4.621 t tabel 2.160 untuk jumlah responden sebanyak 15 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2023