Jurnal ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kompetensi profesional guru di era globalisasi dan digitalisasi. Ada 10 kompetensi profesional guru yang harus ada dalam guru. peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi pengembangan kompeternsi profesional guru di SD Rumah Quran Al Ummah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi profesioanl guru yang telah diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar, mengetahui pemahaman guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengetahui proses pengimplementasian kompetensi profesional guru pada pembelajaran di sekolah dasar, dan memberikan masukan atau saran kepada sekolah SD Rumah Quran Al Ummah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan purposive sampling. Dilakukan dengan cara mewawancarai kepala sekolah sebagai orang yang dipandang paling paham proses kegiatan kependidikan di SD Rumah Quran Al Ummah. Hasil dari penelitian ini adalah: Implementasi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di SD Rumqh Quran Al Ummah sudah berjalan dengan baik, namun ada yang belum optimal. Saran dari penelitian ini, dikarenakan bimbingan konseling menjadi tugas guru kelas, maka diharapkan guru kelas mendapatkan materi yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling agar apa yang diupayakan bisa maksimal. Agar bisa melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka guru-guru diberikan waktu untuk melakukan observasi, evaluasi dan juga pelaksanaannya. Agar para guru terlibat aktif dalam penelitian, evaluasi, dan aplikasi proses pembelajaran.
Copyrights © 2024