Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan metode inovatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa terhadap mata pelajaran ini. Metode inovatif yang digunakan mencakup penggunaan teknologi, media interaktif, simulasi, permainan edukatif, dan kolaborasi antara guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol (metode konvensional) dan kelompok perlakuan (metode inovatif). Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta wawancara/angket kepada siswa maupun guru untuk mendapatkan umpan balik tentang efektivitas metode inovatif tersebut. Hasil dari penelitian ini akan dilakukan analisis statistik deskriptif serta uji beda (t-test atau analisis varian) untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan dalam pemahaman akhir siswa antara kedua kelompok. Selain itu, juga akan diperoleh informasi tentang minat belajar siswa serta kendala-kendala yang mungkin timbul selama implementasi metode inovatif. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada para guru atau stakeholder terkait dalam mengimplementasikan metode-metode inovatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa terhadap mata pelajaran ini.
Copyrights © 2023