Penelitian Dalam pembelajaran sejarah, terdapat keluhan dari guru karena nilai siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran pair cheks berbantuan media pop up book pada mata pelajaran sejarah (2) peningkatan hasil belajar sejarah siswa sebelum dan sesudah penerapan model pair cheks berbantuan media pop up book di SMA Negeri 2 Meulaboh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Meulaboh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu ataupun tujuan yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumen, nilai sebelum perlakuan dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh varians nilai test awal 427,86 varian nilai test akrhir = 114,25 rata-rata nilai tes awal 39,45 dan rata-rata nilai test akhir = 70,6. Dengan taraf signifikan (α) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = (20 – 1) = 19 sehingga dari tabel distribusi t diperoleh , diperoleh ttabel thitung yaitu 1,738,9 atau dengan kata lain thitung ttabel dalam artian hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pair cheks berbantuan media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Meulaboh.
Copyrights © 2023