JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

The Effectiveness Of Impromptu Speaking Method On Students’ Speaking Of Introducing Oneself And Others

Wirdayana*, Wirdayana (Unknown)
Kultsum, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan “Metode Impromptu Speaking terhadap keterampilan berbicara memperkenalkan diri dan orang lain” pada siswa kelas VII SMPN 3 Tangerang Selatan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metodologi kuasi eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII SMPN 3 Tangerang Selatan. Sampel terdiri dari 70 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes lisan. Pre-test di awal, dan post-test di akhir pelajaran. T-test digunakan untuk menganalisis data dari pre-test dan post-test. Nilai pre-test dari kedua kelas menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol lebih rendah dari kelas eksperimen. Tetapi skor post-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat skor yang jauh lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Secara statistik, hasil sig dua sisi pada penelitian ini adalah p (0,001), lebih kecil dari 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak, atau ada pengaruh penggunaan Metode Impromptu Speaking terhadap keterampilan berbicara siswa dalam memperkenalkan diri dan orang lain. Berdasarkan hasil uji besarnya efek Cohen yaitu 0,81, maka keefektifan metode Impromptu Speaking dalam penelitian ini dikategorikan 'sangat baik'. Hasilnya, metode Impromptu Speaking berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan Berbicara siswa dalam memperkenalkan diri dan orang lain di kelas VII SMPN 3 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...