JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sastra Anak Berbasis Antropolinguistik Tradisi Lisan Mbojo; Tipataha untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa

Lili Suryaningsih* (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Penjaskesrek STKIP Yapis Dompu)
Taufiq Hidayat (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Penjaskesrek STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sastra Anak Berbasis Antropolinguistik Tradisi Lisan Mbojo; TiPataha Untuk Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran sastra anak berbasis antropolinguistik tradisi lisan mbojo. Metode Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa langkah, yakni analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 validasi ahli, dan 30 mahasiswa pada program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Yapis Dompu. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Lembar Validasi Perangkat Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Semester (RPS), Whorksheet, Angket respon, dan Tes Hasil Belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis validasi ahli, analisis data uji coba, dan analisis tes hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi data perangkat pembelajaran (buku ajar) sastra anak berbasis antropolinguistik tradisi lisan mbojo dinyatakan layak untuk digunakan pada mata kuliah sastra anak karena disusun sesuai dengan standar penulisan perangkat pembelajaran, materi yang disajikan dengan baik, bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami, soal yang diberikan dapat dikerjakan olehmahasiswa. Buku ajar juga efektif dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar mahasiswa karena terlibat secara aktif dalam menemukan materi, menemukan hubungan antara materi, mampu menerapkan pengetahuannya sehingga mahasiswa akan mampu mengkonstruksi pengetahuan yang diperoleh dari pengalamannya. Produk yang dihasilkan berupa buku ajar mata kuliah sastra anak untuk mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...