Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Dunia Pendidikan

Turnover Intention Ditinjau Dari Emotional Labor Dan Burnout Pada Karyawan Di Perusahaan X

Sri Hartini (Universitas Prima Indonesia)
Vera Agusriani (Universitas Prima Indonesia)
Irfan Deni Sinaga (Universitas Prima Indonesia)
Nabila Putri Rahma (Universitas Prima Indonesia)
Dori M. Panjaitan (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT X. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Emotional labor dan Burnout terhadap Turnover intention pada karyawan di PT X. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan di PT X yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS statistics 22 for windows. Hasil analisis menunjukkan hipotesa mayor diterima bahwa terdapat pengaruh Emotional labor dan Burnout terhadap Turnover intention dengan uji F= 29. 127 dan sig.= 0.000 ( p< 0.05). Hasil analisis hipotesis minor pertama ditolak, yang menunjukkan tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara Emotional labor dengan Turnover intention dengan nilai sig = 0.655 (p>0.05) dan nilai β = 0. 045. Hasil analisis hipotesis minor kedua diterima dan menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara Burnout dengan Turnover intention dengan nilai sig = 0.000 (p<0.05) dan nilai β = 0.534. Adapun hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Emotional labor dan Burnout memberikan sumbangan efektif sebesar 32, 1 persen terhadap Turnover intention, dan 67,9 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...