Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAUD dalam mengembangkan keterampilan membaca dini di PAUD sekecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Bengkulu. Metode penelitian adalah metode survei. Dengan sampel penelitian adalah guru yang ada di PAUD sekecamatan yang berjumlah 20 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAUD dalam mengembangkan keterampilan memb aca dini berkategori cukup baik dengan nilai rata-rata 2.86. Strategi guru PAUDdalam mengembangkan keterampilan membaca dini berkategori cukup baik pada kegiatan Meminta anak melengkapi huruf awalan pada gambar yang diberikan, Bermain Mengelompokkan gambar dengan awalan yang sama, dan meminta anak untuk memisahkan kata berdasarkan awalan yang sama. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan pada peneliian lebih lanjut, untuk meneliti strategi guru yang masih cukup dilakukan oleh guru TK dalam mengembangkan keterampilaan membaca dini.
Copyrights © 2021