Guru merupakan pelaku utama dalam penerapan program pendidikan di sekolah dalam pencapai tujuan pendidikan, bahkan guru sangat berperan dalam menanggulangi kenakalan siswa. Salah satu guru yang yang sangat penting dalam menanggulangi kenakalan siswa adalah guru aqidah akhlak karena langsung mengerjakan tata cara berprilaku yang baik sesuai dengan norma dan nilai yang ada baik di sekolah maupun di luar sekolah. Fokus yang menjadi kajian utama pada penelitian ini ada dua, yaitu 1) Bagaimana peran guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Taman, 2) Apa saja upaya yang dilakukan guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Taman. Dalam penelitian ini penelitian menggunakan metode kualitatif deskriftif dengan jenis penelitian fenomenologis, dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru aqidah ahklak, kepala Madrasah dan sebagian siswa. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat peneliti paparkan: 1) peran guru aqidah akhlak dalam menaggulangi kenakalan siswa adalah guru menegur, penaseati, dan memberikan konseling, motivator dan direktor. 2) upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi kenakalan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sumber Taman adalah: 1) Preventif atau mencegah kenakalan siswa agar jangan sampai terjadi kenakalan yang sama dengan siswa lainnya, 2) Kuratif yaitu memperbaiki akibat perbuatan nakal atau menyembuhkan terhadap kenakalan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022