FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)

ULUL ALBAB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Achmad Faisol (Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2022

Abstract

  Pendidikan merupakan  kebutuhan dasar manusia yang sangat penting untuk saat ini dan akan datang  dalam rangka meningkatkan keintelektualan dan keagungan akhlak manusia. Bahwa dengan pendidikan manusia akan dibimbing, dibina, diarahkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan berbagai macam metode. Sehingga manusia mampu memahami berbagai fenomena alam yang diciptakan Allah. Pendidikan Ulul Albab ini ialah  pendidikan untuk mencapai kecakapan  hidup yang inovatif berdasarkan  kewajiban atau keharusan yang lahir dari fitrah manusia. Oleh sebab itu sebagai acuan pendidikan hal yang pertama adalah menjadikan manusia memiliki pengetahuan yang benar dan pilihan terhadap kata” perubahan”. Yang tidak mengubah ejaan dan tampilnya sendiri.yakni dengan menjadikan insanUlul Albab dalam kehidupan yang majemuk (plural) dan beranekaragam ini secara utuh dan sungguh- sungguh. Karena insane Ulul Albab ialah sosok manusia yang selalu berusaha keras dalam setiap aktivitasnya untuk mengambil hikmah yang  Allah ciptakan  di jagad raya ini, dan selalu bisa mengobati dirinya sendiri bila mana ia jatuh menghadapi masalah dengan mengharap pertolongan Allah. Ulul Albab ini akan mampu menciptakan suasana kondusif (menunjang), dan mampu memberikan faedah atau manfaat baik diri pribadi maupun kepada bangsa Negara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggambarkan atau menjelaskan keadaan atau istilah yang lebih dikenal dengan deskriptif. Dan juga menggunakan studi leteratur (teks). Dalam penelitian studi teks ini penulis mengambil nstudi pustaka yang seluruh subtansinya membutuhkan olahan filosofis atau teoritik denagan menggunakan deskriptif analysis. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tehnik library research yaitu penyelidikan kepustakaan dengan membaca, memilah buku-buku primer maupun sukunder yang ada kaitannya dengan obyek kajian. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Sesuai dengan jenis data yang diperlukan dari penelitian ini maka tehnik analisa datanya menggunakan contens analysis yaitu suatu metode analisa data yang mengfokuskan pada isi suatau obyek penelitian. Dengan tehnik ini data yang diperoleh akan dipilah-pilah untuk melakukan pengelompokan   atas data yang ada atau sejenis, dan selanjutnya dianalis isinya sesuai dengan objek yang dibutuhkan secara konkrit. Pembahasannya diuraikan dengan menggunakan beberapa pendekatan yakni deduktif induktif dan komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Alul Albab adalah suatu model pendidikan yang mengembangkan fitrah manusia pendidikan yang lebih menekankan pada keintelektualan dan akhlak dengan berbagai macam metode  yang sesuai dengan kondisi. Dengan tujuan agar mampu menjadikan manusia yang tangguh memiliki ilmu pengetahuan yang luas baik dari segi imtaq dan iptek. Profesional dalam semua bidang ilmu pengetahuan, selalu kreatif dan inovatif dalam menghadapi perubahan dan permasalahan yang menjunjung tinggi nilai ketauhidan dan sunnah Rasul. Pada bagian akhir penulis skripsi ini berisi tentang kesimpulan yang mengatakan bahwa pendidikan Ulul Albab adalah pendidikan yang mencakup pengembangan seluruh aspek fitrah peserta didik; aspek spiritual, intelektual, imajinasi, fisik, ilmiah dan bahasa, baik secara individual maupun kolektif dan mendorong semua aspek tersebut berkembang kearah kebaikan dan kesempurnaan. Tujuan akhir pendidikan ini terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah, baik secara pribadi, komunitas, maupun seluruh umat manusia.Dengan demikian, pembahasan ini lebih menekankan pada kajian yang relevan  dengan judul “Ulul Albab Dalam Perspektif Pendidikan  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FAJ

Publisher

Subject

Religion Education

Description

FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember merupakan wadah publikasi yang berupa hasil penelitian dan kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, dan Mahasiswa yang membahas tentang permasalahan Pembelajaran ...