Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran dari sesuatu yang bersifat konkret menuju abstrak. Hal ini sejalan dengan materi bangun datar yang cenderung abstrak. Namun, pada kenyataannya cara pemikiran siswa bersifat konkret. Maka dari itu, untuk menjembataninya diperlukan pendekatan yang mengutamakan pembelajaran yang bersifat konkret yaitu pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Pendekatan ini dilakukan dengan cara mendesain buku ajar bilingual berkonteks kebudayaan lokal melalui serangkaian aktivitas pembelajaran bangun datar menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design, the design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar menggunakan buku ajar bilingual materi bangun datar. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan lembar aktivitas siswa. Data dianalisis menggunakan lembar validasi dari ahli. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar bilingual ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang bangun datar dari tahap informal ke tahap formal. Learning mathematics is learning deriving from abstract towards concrete similar to two-dimensional figure material. However, based on facts, the students’ thinking process is concrete, which is abstract. Hence, to connect them, it is advisable to prioritize concrete learning. That is through the Indonesia Realistic Mathematics Education (PMRI) approach by designing a bilingual Mathematics textbook based on local cultural context. This research is a design research consisting of three steps. There are the preliminary design, the design experiment, and the retrospective analysis. The aim of the research produce a bilingual textbook in which the material focuses on two-dimensional figures. Data collection by using observation sheets, interviews, and students’ worksheets. The data analysis by using a validation sheet from the expert. The research is that the use of bilingual textbooks using the PMRI approach can improve the students’ concept understanding in two-dimensional figures from informal to formal steps.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018