Komunikasi matematis dan kemandirian belajar merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh siswa dan merupakan bagian esensial dari matematika. Masih rendahnya kemampuan matematis dan kemandirian belajar siswa di lapangan, guru harus mengupayakan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat memberikan peluang dan mendorong siswa untuk melatih kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa, salah satu media pembelajaran tersebut yaitu media UnoMath. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan media UnoMath terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Rajagaluh, kelas VIII A sebanyak 21 orang dan VIII C sebanyak 31 orang sebagai sampel, dengan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa.
Copyrights © 2020