INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 2 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Analisis Tata Kelola E-Learning Universitas Stikubank Semarang Terhadap Kepuasan Mahasiswa

Fiorera Cinta Ayunda (Universitas Stikubank Semarang)
Agus Prasetyo Utomo (Universitas Stikubank)
Sugiyamta Sugiyamta (Universitas Stikubank)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

E-learning menjadi faktor krusial yang memengaruhi keberhasilan pengalaman pembelajaran online. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada kepuasan mahasiswa terhadap e-learning governance yang akan mempengaruhi keberhasilan pengalaman pembelajaran online. Tujuan penelitian yaitu untuk menyelidiki dampak tata kelola system e-learning terhadap kepuasan pengguna, dengan fokus pada perpektif mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 321 responden dengan data sampel yang valid. Analisis SmartPLS digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa e-learning governance terhadap kepuasan diterima dan signifikan, ini menunjukkan bahwa dampak keseluruhan yang dirasakan system e-learning dipengaruhi secara langsung oleh kepuasan. Dengan tata Kelola yang efektif, e-learning dapat meningkatkan efisiensi, ketersediaan sumber daya, dan kualitas layanan pembelajaran online. Peran dan tanggung jawab yang jelas dalam pengelolaan e-learning dapat membantu lembaga atau organisasi mencapai tujuan. Kata Kunci:E-learning, Tata Kelola, Kepuasan Mahasiswa, SEM

Copyrights © 2024