Penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh dari variable X yakni penggunaan media pembelajaran roda putar terhadap variabel Y yaitu minat dan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran matematika di UPTD SDN Pejagan 4. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest - posttest, dengan jumlah subjek sebanyak 22 siswa. Pada fase awal, instrumen untuk pengujiannya menggunakan angket dan tes untuk melihat minat dan hasil belajar dari siswa. Selanjutnya pengolahan data eksperimen pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test dan memperlihatkan perbedaan hasil yang signifikan yakni peningkatan hasil dan minat belajar siswa setelah perlakuan (nilai signifikansi 0,000 < 0,05). Pada uji selanjutnya yakni uji Manova, menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran ini memiliki dampak positif dari variabel X terhadap variabel Y. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pentingnya integrasi media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan partisipasi dan pencapaian akademik siswa.
Copyrights © 2024