Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak penggunaan alat bantu mesin hitung pembagian terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di UPTD SDN Alaskokon 1. Sebanyak 20 siswa dilibatkan sebagai subjek penelitian ini. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui tes dan angket. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji Paired Sample T-test dan MANOVA. Hasil dari uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang menandakan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest (0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak). Kesimpulannya, terdapat perubahan signifikan dalam motivasi dan hasil belajar matematika siswa saat menggunakan alat bantu mesin hitung pembagian dibandingkan dengan tanpa alat bantu tersebut. Hasil pretest dan posttest konsisten menunjukkan bahwa penggunaan mesin hitung pembagian secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika.
Copyrights © 2024