Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesulitan yang dialami siswa dalam menulis karangan deskripsi yang baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kalas VA SD dalam menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai kriteria penilaian yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Miles and Huberman dalam Sugiyono dengan analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian kesulitan siswa kelas VA SD Negeri Jragung I Kabupaten Demak dalam menulis karangan deskripsi dengan tema teman sebangku. Kesulitan yang dialami siswa dalam menulis karangan deskripsi pada kriteria isi gagasan, pilihan kata atau diksi, penggunaan ejaan, dan kerapian tulisan. Pada isi gagasan diperoleh presentase 48,75% dengan katagori kurang baik, pilihan kata atau diksi sebesar 70% dengan katagori cukup, penggunaan ejaan sebesar 55% dengan katagori kurang baik, dan kerapian tulisan sebesar 66,25% dengan katagori cukup. Penyebab kesulitan menulis karangan deskripsi siswa adalah 1) kurangnya pengetahuan tentang penulisan yang benar, 2) kurangnya minat dan motivasi dalam menulis karangan, 3) kurang lancar mengeluarkan ide-ide menggunakan Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2024