Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 1 (2024): MEI 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA DI KELAS IV SD NEGERI 1 NGLIRON BLORA

Aini, Dewi Nur (Unknown)
Sundari, Riris Setyo (Unknown)
Kiswoyo, Kiswoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar, mencakup keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotor. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar meliputi rendahnya prestasi mata pelajaran IPAS, disebabkan siswa kesulitan memahami materi, dan metode pengajaran guru yang monoton dan kurang menarik perhatian siswa, sehingga menyebabkan kebosanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 1 Ngliron Blora. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngliron. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes siswa dalam aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest sebesar 56,5 dan posttest sebesar 77,20. Uji paired sample t-test menunjukkan signifikansi sebelum dan sesudah perlakuan (0,0001 < 0,05), menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngliron Blora.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...