Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning pada materi siklus air dilihat dari peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain One Group Pretest Postest. Sampel penelitian ini adalah 33 siswa kelas V. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, hasil nilai yang diperoleh kelas V SDN 1 Tunjungan memeroleh hasil yang baik dibuktikan dengan perolehan nilai uji t adalah 12,79. Bila dibandingkan dengan tabel pada taraf kepercayaan 95% yang menunjukkan angka -25,17, maka dapat dilihat bahwa  lebih besar dibandingkan tabel ,yaitu  12,790,05 . Berdasarakan kriteria pengujian yang telah ditetapkan yaitu : maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pretest dan posttest secara signifikan, artinya ada pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL).
Copyrights © 2024